PTK Teknik Pemesinan: Cooperative Learning

ABSTRAKSI

METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MEMBUBUT KOMPLEKS
SISWA KELAS 3 TEKNIK PEMESINAN
SMK NEGERI 1 TUBAN

Oleh :
SUCIPTO, S.Pd
NIP 19680418 199702 1 002


Kata Kunci: Cooperative Learning, Bubut Komplek, Teknik Pemesinan


Penelitian ini termasuk model penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk menemukan strategi dan metode pembelajaran yang tepat dalam mata diklat produktif kompetensi Membubut Kompleks. Dengan strategi dan metode pembelajaran yang tepat diharapkan pelaksanaan pembelajaran dapat menghasilkan prestasi belajar siswa yang baik.
Berdasarkan pemikiran pada latar belakang dan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini adalah:
  1. Meningkatkan efektivitas pembelajaran Membubut Kompleks dengan pendekatan pembelajaran cooperative learning .
  2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kompetensi Membubut Kompleks dengan model pembelajaran cooperative learning.
  3. Meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Membubut Kompleks dengan menggunakan strategi pembejaran cooperative learning.
Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam kompetensi Membubut Kompleks setelah dilaksanakannya pembelajaran cooperative learning. Peningkatan kemampuan siswa dalam kompetensi Membubut Kompleks ditunjukkan dengan hasil sebagai berikut:

  1. Terjadi peningkatan nilai terhadap penilaian proses yang sebelumnya menunjukkan nilai rata-rata 15,19 menjadi 18,53.
  2. Terjadi peningkatan nilai terhadap penilaian hasil bubutan yang sebelumnya menunjukkan nilai rata-rata 51,00 menjadi 61,89.
  3. Terjadi peningkatan nilai terhadap penilaian waktu yang sebelumnya menunjukkan nilai rata-rata 7,08 menjadi 8,33.
  4. Terjadi peningkatan prosentase ketuntasan belajar menunjukkan nilai rata-rata sebelumnya sebesar 73,28 menjadi 88,75.

Leave a Reply