PTK Teknik Listrik: Penilaian Portofolio

ABSTRAKSI

OPTIMALISASI PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN
PENGETAHUAN TENTANG INSTALASI LISTRIK KOMERSIAL

SISWA KELAS 1 PEMANFATAN TENAGA LISTRIK
SMK NEGERI 1 TUBAN
TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Oleh :

Drs. ABDUL WAHAB
NIP 131 637 836


Kata Kunci: Optimalisasi, Portofolio, Instalasi Listrik Komersial

Jenis penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari permasalahan yang ditemukan selama pelaksanaan proses pemelajaran di kelas. Permasalahan yang timbul tersebut kemudian diidentifikasi tingkat permasalahan-nya dan diagnosa penyebabnya. Karenanya penelitian tindakan kelas ini akan meliputi empat kegiatan utama yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) tindak lanjut.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah:
  1. Menerapkan strategi pembelajaran yang dititikberatkan pada pembelajaran dengan penugasan portofolio.
  2. Meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi belajar dengan mengoptimalkan penugasan portofolio.
Hasil penelitian tindakan kelas dan ditindaklanjuti dengan diskusi dengan pengamat diperoleh hasil sebagai berikut:
  1. Terjadi peningkatan secara klasikal predikat siswa untuk penilaian portofolio dari semula nilai rata 68 (kategori kurang) nilai rata-rata 86 (kategori baik).
  2. Terjadi peningkatan persentase siswa yang mendapat predikat sangat baik untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 33% dari semula sejumlah 1 siswa (3%) menjadi sejumlah 13 siswa (36%).
  3. Terjadi peningakatan persentase siswa yang mendapat predikat baik untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 23% dari semula sejumlah 9 siswa (25%) menjadi sejumlah 19 siswa (53%).
  4. Terjadi penurunan persentase siswa yang mendapat predikat cukup untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 28% dari semula sejumlah 11 siswa (31%) menjadi sejumlah 1 siswa (3%).
  5. Terjadi penurunan persentase siswa yang mendapat predikat kurang untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 11% dari semula sejumlah 4 siswa (11%) menjadi sejumlah 0 siswa (0%).
  6. Terjadi penurunan persentase siswa yang mendapat predikat sangat kurang untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 31% dari semula sejumlah 11 siswa (31%) menjadi sejumlah 0 siswa (0%).


Informasi sharing dapat menghubungi Pak Cip Guru SMK Negeri 1 Tuban
087856033725
e-mail: cipto_smk1tbn@yahoo.co.id

Leave a Reply