PTK Teknik Listrik: Pembelajaran Kooperatif

ABSTRAKSI


MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PERENCANAAN
INSTALASI LISTRIK DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF

SISWA KELAS 2 INSTALASI LISTRIK SMK NEGERI 1 TUBAN
TAHUN PELAJARAN 2002/2003


Oleh :

Drs. ABDUL WAHAB
NIP 131 637 836


Kata Kunci: Minat Belajar, Kemampuan, Perencanaan Instalasi Listrik

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk menemukan metode-metode yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Penemuan metode-metode ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran Perencanaan Instalasi Listrik.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah:
  1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi Perencanaan Instalasi Listrik dengan mengoptimalkan pembelajaran kooperatif.
  2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran kooperatif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Perencanaan Instalasi Listrik
Hasil penelitian ditunjukkan dengan data sebagai berikut:
  1. Secara klasikal terjadi peningkatan minat siswa kelas 2IL2 dari semula termasuk kategori baik (skor 70) termasuk kategori sangat baik (Skor 90).
  2. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang termasuk mempunyai minat sangat baik dari semula sejumlah 6 siswa (17%) menjadi sejumlah 25 siswa (71%).
  3. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang termasuk mempunyai minat baik dari semula 6 siswa (17%) menjadi sejumlah sejumlah 10 siswa (29%).
  4. Terjadi penurunan jumlah siswa yang termasuk mempunyai minat cukup dari semula sejumlah 12 (34%) menjadi sejumlah 0 siswa (0%).
  5. Terjadi penurunan jumlah siswa yang termasuk mempunyai minat kurang dari sejumlah 8 (23%) menjadi sejumlah 0 siswa (0%).
  6. Terjadi penurunan jumlah siswa yang termasuk mempunyai minat sangat kurang dari sejumlah 3 (9%) menjadi sejumlah 0 siswa (0%).


Informasi sharing dapat menghubungi Pak Cip Guru SMK Negeri 1 Tuban
087856033725
e-mail: cipto_smk1tbn@yahoo.co.id

Leave a Reply