ABSTRAKSI
OPTIMALISASI MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) UNTUK
MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KOMPETENSI
MENGEFRAIS KOMPLEKS SISWA KELAS 3 MESIN PERKAKAS
SMK NEGERI 1 TUBAN
Oleh :
SUCIPTO, S.Pd
NIP 132 158 264
OPTIMALISASI MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) UNTUK
MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KOMPETENSI
MENGEFRAIS KOMPLEKS SISWA KELAS 3 MESIN PERKAKAS
SMK NEGERI 1 TUBAN
Oleh :
SUCIPTO, S.Pd
NIP 132 158 264
Kata Kunci: Optimalisasi, Mastery Learning, Frais Kompleks
Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas partisipatif. Artinya dalam pelaksanaannya guru pengajar terlibat di dalamnya sebagai bagian dari subyek yang melaksanakan tindakan kelas. Dengan demikian peneliti terlibat sejak dimulai perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tuban.
Tujuan dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah:
- Meningkatkan efektivitas pemelajaran Mengefrais Kompleks dengan prinsip pemelajaran tuntas (mastery learning).
- Meningkatkan minat siswa dalam pelaksanaan pemelajaran Mengefrais Kompleks dengan prinsip pemelajaran tuntas (mastery learning)?
- Meningkatkan kemampuan penguasaan siswa terhadap kompetensi yang dituntut pada pemelajaran Mengefrais Kompleks dengan pemelajaran tuntas (mastery learning).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Minat dan motivasi belajar siswa ini kemudian dengan signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar. Tentu peningkatan ini tidak semata-mata dari satu metode dan strategi pembelajaran saja. Guru harus tetap kreatif untuk terus menggali potensi siswa secara individual.