ABSTRAKSI
OPTIMALISASI PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN
PENGETAHUAN TENTANG INSTALASI LISTRIK KOMERSIAL
SISWA KELAS 1 PEMANFATAN TENAGA LISTRIK
SMK NEGERI 1 TUBAN
TAHUN PELAJARAN 2005/2006
Oleh :
Drs. ABDUL WAHAB
NIP 131 637 836
OPTIMALISASI PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN
PENGETAHUAN TENTANG INSTALASI LISTRIK KOMERSIAL
SISWA KELAS 1 PEMANFATAN TENAGA LISTRIK
SMK NEGERI 1 TUBAN
TAHUN PELAJARAN 2005/2006
Oleh :
Drs. ABDUL WAHAB
NIP 131 637 836
Kata Kunci: Optimalisasi, Portofolio, Instalasi Listrik Komersial
Jenis penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari permasalahan yang ditemukan selama pelaksanaan proses pemelajaran di kelas. Permasalahan yang timbul tersebut kemudian diidentifikasi tingkat permasalahan-nya dan diagnosa penyebabnya. Karenanya penelitian tindakan kelas ini akan meliputi empat kegiatan utama yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) tindak lanjut.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah:
- Menerapkan strategi pembelajaran yang dititikberatkan pada pembelajaran dengan penugasan portofolio.
- Meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi belajar dengan mengoptimalkan penugasan portofolio.
- Terjadi peningkatan secara klasikal predikat siswa untuk penilaian portofolio dari semula nilai rata 68 (kategori kurang) nilai rata-rata 86 (kategori baik).
- Terjadi peningkatan persentase siswa yang mendapat predikat sangat baik untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 33% dari semula sejumlah 1 siswa (3%) menjadi sejumlah 13 siswa (36%).
- Terjadi peningakatan persentase siswa yang mendapat predikat baik untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 23% dari semula sejumlah 9 siswa (25%) menjadi sejumlah 19 siswa (53%).
- Terjadi penurunan persentase siswa yang mendapat predikat cukup untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 28% dari semula sejumlah 11 siswa (31%) menjadi sejumlah 1 siswa (3%).
- Terjadi penurunan persentase siswa yang mendapat predikat kurang untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 11% dari semula sejumlah 4 siswa (11%) menjadi sejumlah 0 siswa (0%).
- Terjadi penurunan persentase siswa yang mendapat predikat sangat kurang untuk seluruh portofolio yang dinilai sebesar 31% dari semula sejumlah 11 siswa (31%) menjadi sejumlah 0 siswa (0%).
Informasi sharing dapat menghubungi Pak Cip Guru SMK Negeri 1 Tuban
087856033725
e-mail: cipto_smk1tbn@yahoo.co.id