PTK Teknik Pemesinan: Metode Gotong Royong

ABSTRAKSI

PROJECT WORK ALAT TEKUK PLAT DENGAN PEMBELAJARAN
METODE GOTONG ROYONG UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI
KEJURUAN SISWA KELAS 3 TEKNIK PEMESINAN
SMK NEGERI 1 TUBAN

Oleh :

SUCIPTO, S.Pd
NIP 132158264

Kata Kunci: Project Work, Alat Tekuk Plat, Metode Gotong Royong, Kompetensi

Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dalam model penelitian ini guru terlibat secara aktif dalam pelaksanaan penelitian dari mulai pra penelitian sampai akhir putaran penelitian. Selain itu guru peneliti juga dibantu oleh guru produktif lain yang bertindak sebagai pengamat (observer).
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tuban. Obyek yang diteliti adalah bagaimana meningkatkan kompetensi kejuruan siswa dengan menerapkan project work dengan media pembuatan alat Tekuk plat. Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas 3TPm1 dan subyek yang memberikan tindakan adalah 2 orang guru pengajar mata diklat produktif khususnya teknik las, membubut kompleks dan mengefrais kompleks dalam satu kesatuan pembelajaran.
Berdasarkan pemikiran pada latar belakang dan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan efektivitas pembelajaran kompetensi kejuruan dengan pendekatan project work pembuatan alat penekuk plat menggunakan metode pembelajaran gotong royong; 2) Meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran kejuruan dengan pendekatan project work pembuatan alat penekuk plat dengan menerapkan metode pembelajaran gotong royong; dan 3) Meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam kompetensi kejuruan dengan pendekatan project work pembuatan alat penekuk plat dengan menerapkan metode pembelajaran gotong royong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi kejuruan yang dicapai siswa dari mulai putaran I sampai putaran III. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan: 1) Terjadi peningkatan nilai kompetensi teknik las dasar; 2) Terjadi peningkatan nilai kompetensi gerinda; 3) Terjadi peningkatan nilai kompetensi bubut kompleks; 4) Terjadi peningkatan nilai kompetensi frais kompleks; 5) Terjadi peningkatan nilai kompetensi kejuruan; dan 6) Terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara individual.


informasi lebih lanjut, silakan hubungi Pak Cip guru SMK Negeri 1 Tuban HP 087856033725 e-mail : cipto_smk1tbn.yahoo.co.id

Leave a Reply