PTK Teknik Listrik: Media Multimedia

ABSTRAKSI

PEMANFAATAN MEDIA MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA
ABSTRAKSI DAN KEMAMPUAN PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK
SISWA KELAS 1 INSTALASI LISTRIK SMK NEGERI 1 TUBAN
TAHUN PELAJARAN 2004/2005


Oleh:

Drs. ABDUL WAHAB
NIP 131 637 836


Kata Kunci: Media Multimedia, Daya Abstraksi, PKDL

Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung (Aqib, 2003:49). Penelitian ini diarahkan untuk menetapkan sifat suatu situasi pada waktu penelitian dilaksanakan.
Tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah:
  1. Mempersiapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam mata diklat Penerapan Konsep Dasar Listrik (PKDL).
  2. Meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam mata diklat dengan metode pembelajaran menggunakan media multi media.
  3. Meningkatkan daya abstraksi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa media multimedia.
Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas berdasarkan diagnosa permasalahan yang ditemui di kelas diperoleh hasil sebagai berikut:
  1. Terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari semula nilai rata-rata 72 (studi pendahuluan) menjadi rata-rata 85.
  2. Terjadi peningkatan daya abstraksi siswa dengan kategori sangat baik sebesar 31% dari 3% menjadi 34%.
  3. Terjadi peningkatan daya abstraksi siswa dengan kategori baik sebesar 52% dari 11% menjadi 63%.
  4. Terjadi penurunan daya abstraksi siswa dengan kategori cukup sebesar 43% dari 46% menjadi 3%.
  5. Terjadi penurunan daya abstraksi siswa dengan kategori kurang sebesar 20% dari 20% menjadi 0%.
  6. Terjadi penurunan daya abstraksi siswa dengan kategori sangat kurang sebesar 20% dari 20% menjadi 0%.

Leave a Reply