PTK Teknik Pemesinan: Metode Latihan

ABSTRAKSI

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DENGAN OPTIMALISASI
METODE LATIHAN DALAM PEMBELAJARAN MESIN UMUM
KELAS 2TPm1
SMK NEGERI 1 TUBAN


Oleh:

SUCIPTO, S.Pd
NIP 132 158 264


Kata Kunci: Metode Latihan, Kompetensi, Pembelajaran Mesin Umum



Tujuan yang ditargetkan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran Mesin Umum adalah: Dengan mengoptimalkan metode latihan dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran Mesin Umum.
Model penelitian dipilih berdasarkan kesesuaian antara masalah yang diagnosis terjadi dalam kelas. Untuk mendapatkan penyelesaian masalah dalam kelas maka model penelitian tindakan kelas adalah pilihan yang tepat. Karena dalam penelitian tindakan kelas ditetapkan target yang optimal sesuai dengan tujuan pembelajaran mata diklat yang dilaksanakan. Penelitian tindakan kelas juga mensyaratkan bagi peneliti untuk tetap berperan sebagai guru yang dalam hal ini pelaksanaan penelitian menyatu dengan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran mata diklat yang dilaksanakan.
Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini memberikan hasil yang optimal karena setelah dilaksanakan tindakan terjadi peningkatan kemampuan kompetensi baik ditinjau dari penguasaan teori maupun pelaksanaan praktikum. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode latihan dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran Mesin Umum.

PTK Teknik Pemesinan: Metode Gotong Royong

ABSTRAKSI

PROJECT WORK ALAT TEKUK PLAT DENGAN PEMBELAJARAN
METODE GOTONG ROYONG UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI
KEJURUAN SISWA KELAS 3 TEKNIK PEMESINAN
SMK NEGERI 1 TUBAN

Oleh :

SUCIPTO, S.Pd
NIP 132158264

Kata Kunci: Project Work, Alat Tekuk Plat, Metode Gotong Royong, Kompetensi

Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dalam model penelitian ini guru terlibat secara aktif dalam pelaksanaan penelitian dari mulai pra penelitian sampai akhir putaran penelitian. Selain itu guru peneliti juga dibantu oleh guru produktif lain yang bertindak sebagai pengamat (observer).
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tuban. Obyek yang diteliti adalah bagaimana meningkatkan kompetensi kejuruan siswa dengan menerapkan project work dengan media pembuatan alat Tekuk plat. Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas 3TPm1 dan subyek yang memberikan tindakan adalah 2 orang guru pengajar mata diklat produktif khususnya teknik las, membubut kompleks dan mengefrais kompleks dalam satu kesatuan pembelajaran.
Berdasarkan pemikiran pada latar belakang dan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan efektivitas pembelajaran kompetensi kejuruan dengan pendekatan project work pembuatan alat penekuk plat menggunakan metode pembelajaran gotong royong; 2) Meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran kejuruan dengan pendekatan project work pembuatan alat penekuk plat dengan menerapkan metode pembelajaran gotong royong; dan 3) Meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam kompetensi kejuruan dengan pendekatan project work pembuatan alat penekuk plat dengan menerapkan metode pembelajaran gotong royong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi kejuruan yang dicapai siswa dari mulai putaran I sampai putaran III. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan: 1) Terjadi peningkatan nilai kompetensi teknik las dasar; 2) Terjadi peningkatan nilai kompetensi gerinda; 3) Terjadi peningkatan nilai kompetensi bubut kompleks; 4) Terjadi peningkatan nilai kompetensi frais kompleks; 5) Terjadi peningkatan nilai kompetensi kejuruan; dan 6) Terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara individual.


informasi lebih lanjut, silakan hubungi Pak Cip guru SMK Negeri 1 Tuban HP 087856033725 e-mail : cipto_smk1tbn.yahoo.co.id