PTK Teknik Pemesinan: Pembelajaran Berbasis Produksi


ABSTRAKSI

PEMBUATAN ALAT PENGASAH END MILL SEBAGAI
PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUKSI UNTUK
MENCAPAI KOMPETENSI MEMBUBUT DAN MENGEFRAIS
KOMPLEKS
SISWA KELAS 3 SMK NEGERI 1 TUBAN

Oleh :

SUCIPTO, S.Pd
NIP 132 158 264

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Produksi, Pengasah End Mill, Kompetensi


Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dalam model penelitian ini guru terlibat secara aktif dalam pelaksanaan penelitian dari mulai pra penelitian sampai akhir putaran penelitian. Selain itu guru peneliti juga dibantu oleh guru produktif lain yang bertindak sebagai pengamat (observer).
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah:
  1. Meningkatkan efektivitas pembelajaran membubut dan mengefrais kompleks dengan penerapan prinsip pembelajaran berbasis produksi.
  2. Meningkatkan kompetensi siswa pada kompetensi Membubut dan Mengefrais Kompleks dengan menerapkan prinsip pembelajaran berbasis produksi.
  3. Meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Membubut dan Mengefrais Kompleks.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi kejuruan yang dicapai siswa dari mulai putaran I sampai putaran III. Hal ini ditunjukkan dengan data berikut:
  1. Terjadi peningkatan pada penilaian kompetensi Bubut Kompleks secara klasikal kelas 3TPm2 sebelumnya rata-rata mendapat nilai sebesar 73,50 menjadi sebesar 84,06 (lulus baik).
  2. Terjadi peningkatan pada penilaian kompetensi Frais Kompleks secara klasikal kelas TPm2 sebelumnya rata-rata mendapat nilai sebesar 74,06 menjadi sebesar 84,89 (lulus baik).
  3. Terjadi peningkatan pada penilaian kompetensi Bubut Kompleks dan Frais Kompleks secara klasikal kelas 3TPm2 sebelumnya rata-rata mendapat nilai sebesar 73,78 menjadi sebesar 84,47 (lulus baik).
  4. Terjadi penurunan jumlah siswa yang tidak memenuhi kriteria minimal atau tidak lulus sejumlah 9 siswa (26%) menjadi sejumlah 0 siswa (0%).

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Pak Cip SMK Negeri 1 Tuban 087856033725

Leave a Reply